Literasi Digital & Media Pada Pendidikan Tinggi Universitas Katolik Parahyangan

Literasi Digital & Media Pada Pendidikan Tinggi Universitas Katolik Parahyangan

Salah satu tantangan saat ini adalah pembelajaran online dalam beberapa tahun terakhir akibat pandemi Covid-19. Adanya pandemi memaksa dunia pendidikan, baik sekolah maupun perguruan tinggi, untuk beradaptasi. Transformasi digital telah merevolusi tidak hanya pembelajaran online, tetapi juga dunia pendidikan. Contoh-contoh di atas hanyalah beberapa dari banyak perubahan yang dibawa transformasi digital ke dunia pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan analisis untuk menemukan peluang dan tantangan transformasi digital di dunia pendidikan saat ini.

Ada beberapa hal mendasar yang bisa dipetakan, sekaligus menjadi road map untuk dieksekusi lintas pihak. Dunia pendidikan juga mengalami tantangan serupa, banyak hal yang harus disesuaikan dengan memanfaatkan teknologi. Proses belajar dari rumah memang tidak mudah, tapi mencipta renungan baru apa yang penting dipelajari dan apa yang menjadi kompetensi inti yang berguna untuk masa mendatang. Transformasi digital adalah transformasi multifaset dari bisnis atau organisasi, mulai dari sumber daya manusia, proses, strategi dan struktur, hingga adopsi teknologi untuk meningkatkan kinerja . Artinya dalam upaya memberikan literasi digital harus mempertimbangkan bagaimana persepsi dan sikap individu yang disasar atas teknologi tersebut, karena tidak semua individu memiliki kecepatan adopsi yang sama. “Beberapa faktor yang mempengaruhi kesenjangan digital ialah usia, tingkat pendidikan, dan tingkat penghasilan.

Ini akan membantu Anda mendapatkan pengakuan di seluruh dunia dan pelajar akan mendapatkan materi yang berguna dari Anda. Ini termasuk budaya, tradisi, bahasa, gaya hidup, makanan, kebiasaan, dan lainnya. Saat ini, perluasan infrastruktur digital menjadi sangat penting, agar semua sekolah dan institusi pendidikan di penjuru kawasan Indonesia dari Sabang hingga Merauke mendapatkan akses listrik dan internet. Sebagai garda depan kemajuan bangsa, pendidikan harus mampu beradaptasi dengan perkembangan dan dinamika dunia global yang modern dan menyesuaikan dengan tuntutan zaman.

Hal tersebut karena dibutuhkan pendekatan berbeda untuk segment masyarakat yang berbeda. “Hal ini bisa jadi mengindikasikan bahwa ada faktor lain yang berpengaruh dan dapat dipertimbangkan ketika kita bicara pendekatan literasi digital untuk individu yang tinggal pada daerah pedesaan,” ucap Diah. Definisi lain dari kesenjangan digital adalah tumbuh semakin besar antara anggota masyarakat yang kurang mampu, terutama mereka yang hidup di garis kemiskinan, pedesaan, berusia lanjut, dan penyandang disabilitas, dalam memiliki akses terhadap TIK .

Pada akhirnya, mau tidak mau, kita semua dituntut untuk bersiap menghadapi revolusi teknologi 4.0 dalam waktu dekat. Dengan besarnya potensi ekonomi yang dimiliki bangsa ini, sayang rasanya untuk tidak memanfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya. Kemampuan berbahasa asing tidak bisa lagi dipandang sebagai hal sekunder, tetapi sudah menjadi kebutuhan semua orang di zaman sekarang. Agar tak ketinggalan, pastikan Anda mampu menguasai setidaknya satu bahasa asing. Untuk melakukannya, Anda bisa mengikuti kursus luring atau daring, serta program pelatihan bahasa asing yang kini sudah menjamur di mana-mana. Saat ini teknologi baru memanjakan konsumen dengan selera individual, sehingga media harus menggunakan medium dan target pasar yang tepat dalam menyajikan sebuah konten.

Pendidik yang dipersenjatai dengan wawasan berbasis data dapat membuat dampak yang signifikan pada sistem sekolah, siswa dan kurikulum. Dengan menganalisis data besar, mereka dapat mengidentifikasi siswa berisiko, memastikan siswa membuat kemajuan yang memadai, dan dapat menerapkan sistem yang lebih baik untuk evaluasi dan dukungan guru dan kepala sekolah. Dengan demikian, pendidikan tinggi perlu meningkatkan dan memperkuat kapasitas semua civitas akademika untuk berpartisipasi aktif, bukan hanya sebagai konsumen tapi juga sebagai produsen konten di ruang-ruang digital. Harapannya, civitas akademika aktif berkontribusi dalam produksi konten terkait isu yang menjadi diskursus di masyarakat, dengan isi konten yang positif, mencerdaskan dan kreatif. Universitas Prasetiya Mulya menjunjung tinggi keyakinan bahwa kolaborasi penting dalam proses pembelajaran saat ini, tidak hanya dalam hal pengetahuan dan kemampuan teoritis, tetapi juga untuk penerapan pengetahuan terpadu dalam dunia bisnis dan profesional.

(tapi ini hanya untuk program JFLS jenis D3/D4 PSDKU, D4/S1 Penuh, S2, dan S3). Bisa dikatakan, orang membutuhkan akses terhadap informasi yang relevan dan terpercaya dengan tujuan membantu mereka untuk mengambil keputusan. Mulai dari desain, menulis kode dengan bahasa pemrograman hingga tampilan website. Profesi ini butuh pengetahuan tentang program software, aplikasi web, bahasa pemrograman serta desain. STIPRO– Nadiem Makarim memiliki tugas berat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan . Ia dituntut bisa menciptakan sistem pendidikan yang mampu menyiapkan anak muda memasuki dunia kerja di masa depan.

Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan. Menguasai teori yang dipelajari di bangku sekolah memang bagus, tetapi hal ini tidak akan membawa manfaat nyata tanpa disertai praktik dan pencarian pengalaman. Saat ini, Anda dapat dengan mudah memperoleh untuk terjun ke bidang ekonomi praktis secara digital, sebab sudah ada banyak platform untuk melakukan hal tersebut. Diharapkan, dalam beberapa tahun ke depan kualitas teknologi, kecepatan, dan aksesibilitas internet di dalam negeri dapat meningkat dengan pesat. Dengan demikian, peluang anak bangsa untuk bersaing secara global akan makin besar.

Sumber :

Click here
Disini
Klik Selanjutnya
LIhat selengkapnya
Lebih lanjut